Rabu, 07 November 2012

SUMBER DAYA MANUSIA : "WIRAUSAHAAN DALAM MELAKUKAN PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN TENAGA KERJA"

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan potensi yang ada di dalam diri manusia untuk suatu keperluan baik pada bidang pekerjaan atau lainnya. Dalam bidang pekerjaan, SDM sangat diperhatikan karena dalam dunia pekerjaan SDM dapat menentukan baik buruknya suatu perusahaan. Selain SDM, faktor perencanaan juga menjadi hal terpenting dalam mendirikan suatu perusahaan. Tentunya semua perusahaan membutuhkan perencanaan yang matang dan perekrutan karyawan yang tepat untuk kemajuan dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu setiap perusahaan harus memiliki manajemen perencanaan dan SDM yang baik untuk menentukan usahanya pada masa mendatang, serta merekrut karyawan dan menentukan SDM yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan, tidak terkecuali wirausaha. Wirausaha adalah sebuah usaha yang dilakukan manusia untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan ataupun untuk orang lain. 

Perencanaan yang matang pada perusahaan adalah cara untuk menetapkan dan mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis adalah tujuan usaha, komitmen dan batasan waktu. Setiap wirausaha wajib memiliki tujuan usaha agar jelas output yang dihasilkan dari wirausaha yang dibuat. Sementara tujuan tidak akan tercapai jika tidak memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis. Perlu pula diperhatikan batasan waktu untuk memotivasi perusahaan agar segera mencapai tujuan yang hendak dicapai. Setelah perencanaan, poin berikutnya adalah perekrutan tenaga kerja. Perekrutan tenaga kerja yang tepat dapat membantu mempercepat kemajuan dari suatu perusahaan. Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam perekrutan tenaga kerja, yaitu sesuai dengan minat dari calon karyawan agar dapat bekerja secara optimal, kemampuan yang memadai, attitude yang baik, lolos dalam persyaratan tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan

Perencanaan adalah cara untuk penetapan tujuan serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan.
* Rencana operasional kegiatan yang ditetapkan untuk waktu jangka pendek : operasional → harian* Rencana strategi yang ditetapkan untuk waktu jangka panjang : strategi → pengembangan usaha.
Perencanaan bisnis adalah dokumen tertulis yang menerangkan tentang bisnis yang akan dijalankan, dan bagaimana rencana pemasaran, produksi, SDM, keuangan serta analisis resiko dan hasil.
Faktor – faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan bisnis :1. Tujuan usaha.2. Komitmen dalam menjalankan usaha.3. Batasan waktu.
Manfaat dari perencanaan bisnis :1. Dapat mendekati asumsi kebenaran.2. Membandingkan hasil dengan rencana.3. Alat komunikasi untuk meyakinkan pihak lain.4. Wirausaha dapat berfikir kritis dan objektif.
Informasi yang dibutuhkan dalam membuat perencanaan bisnis :
1. Informasi keuangan, Modal usaha.
2. Informasi pasar, Melihat besarnya permintaan, bagaimana saluran distribusi, konsumen potensial.
3. Informasi produksi, Bahan baku, teknologi dan SDM.
Tahapan perencanaan usaha :
1. Ide atau gagasan
2. Konsep (perencanaan bisnis)
3. Pengembangan produk
4. Uji pemasaran
5. Komersialisasi (penjualan).

Recruitment tenaga kerja adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat karyawan untuk memenuhi suatu organisasi atau perusahaan.

Perusahaan seperti apa yang akan dibentuk, tujuan apa yang akan dicapai, serta karyawan-karyawan yang bagaimana yang akan dipekerjakan dalam suatu perusahaan tersebut. Tahap-tahap perencanaan dan perekrutan tenaga kerja tersebut yaitu :

1. Perekrutan tenaga kerja 
Perekrutan karyawan dapat disebarkan melalui media massa ataupun dari mulut ke mulut. Perekrutan ini diadakan jikalau terdapat posisi yang kosong. 

2. Seleksi tenaga kerja 
Penseleksian ini bisa dinilai dari beberapa syarat seperti kelengkapan ijazah, nilai ipk, daftar riwayat hidup,tes wawancara, tes kemampuan, dll. 

3. Pelatihan tenga kerja 
Pelatihan karyawan ini juga penting diadakan oleh suatu wirausaha. Pelatihan karyawan bisa berupa pelatihan indoor ataupun outdoor dan bisa dijadikan sebagai sarana refreshing bagi para tenaga kerja. 

4. Penilaian tenaga kerja 
Saat ini banyak wirausaha yang memakai system kontrak untuk merekrut tenaga kerja. Penilaian tenaga kerja ini bertujuan untuk melihat hasil kerja para tenaga kerja yang sudah lulus standar wirausaha atau belum. Jika untuk pegawai baru, ini bisa dijadikan tolak ukur bagi atasan untuk mempertimbangkan dalam perpanjangan kontrak atau tidak.


http://www.slideshare.net/dhalex/makalah-tentang-perekrutan-tenaga-kerja
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/perencanaan-wirausaha-dan-perekrutan-tenaga-kerja-sumber-daya-manusia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar